Lebih Bermutu Lage...

Assalamu`alaikum… . Hai-hai all, lama nggak jumpa… . Ni aku dah lama nggak ngeblog, maaf dimaklumi, ya. Bukan berarti aku sok sibuk, cuma males aja ngeblog . By the way in the busway…, di blog ini aku bakalan ngisi hal-hal yang lebih menarik lagi en yang pasti berilmu. Mmmmh, tapi I luv u deh. Mmmuahhh… . So, simak baik-baik ya blogku ;) Wassalamu`alaikum

Tuesday, February 13, 2007

Asma


Temen-temen yang teramat aku sayang (cie...), ada nggak sich di antara temen-temen ini yang terkena asma ? Eit, jangan salah ya, asma ini bukan cuma penyakit keturunan lho, coz dari hasil survey yang dilakukan akhir-akhir ini, asma ternyata 70% disebabkan oleh lingkungan terutama lingkungan perkotaan, nah yang 30% dari keturunan, nah asma yang disebabkan dari lingkungan ini nggak bakal bisa menurun ke anaknya, karena asma yang disebabkan lingkungan ini tidak menyebabkan mutasi genetik.

Asma beda dengan sesak nafas, karena ciri dari asma ini selain sesak nafas, juga adanya inflamasi alias peradangan pada tenggorokan. Sesak nafas ini terjadi karena adanya penyempitan bronkus alias bronkos konstriksi. O iya, asma ini secara teori mudah menyerang pada orang gemuk. Hayo kenapa ? Hal ini disebabkan bahan-bahan yang dapat menyebabkan asma semisal toluene dapat dengan mudah berikatan dengan lemak, yang misalnya di dalam paru-paru ada lapisan lemak yang dinamakan sulffaktan dengan gugus sulf hydril, nah jika toluene berikatan dengan sulf faktan (yang fungsinya mengembangkan dan mengempiskan paru-paru), maka sulf faktan akan berkurang diganti dengan jaringan hyalin yang keras, sehingga paru-paru kurang elastis (kurang lebih kayak gitu, kalo salah dibenarkan ya...lewat comment post).

Karena terjadi penyempitan ini maka pengobatannya diberi bronkodilator, yaitu untuk membuka bronkus, sehingga bronkus tidak menyempit. Pada dasarnya, pengobatannya itu ABCD (A = airway yaitu bebaskan jalan nafas, trus B = breathing, yaitu diberi oksigen bagi yang susah nafas misalnya diberi nebulizer, C = circulation, misalnya diberi cairan intravena yaitu infus, dan D = drugs, yaitu dikasih obat-obatan untuk mengobati asma)

Gejala asma yaitu adanya mengi (wheezing), sesak nafas, rasa berat di dada, batuk-batuk, en so on. Penyebab yang dari lingkungan bisa saja dari asap kendaraan, dari lingkungan kerja juga bisa misalnya di pabrik lem yang banyak mengandung toluene, atau karena bulu binatang, gitu deh. O iya aktivitas yang berlebihan juga bisa menyebabkan asma, misalnya jika olah raga yang berlebihan dapat menyebabkan sesak nafas (so hati-hati ya kalo olah raga).

Nah, asma sendiri bisa dikurangi dengan menggunakan inhaler, tetapi penggunaan inhaler yang berlebihan bisa juga menyebabkan efek pada tubuh yang tidak baik...mmm...sebenernya klise juga sih, emang penggunaan sesuatu yang berlebihan itu selalu saja menyebabkan efek negatif, so dalam menggunakan barang-barang yang hati-hati ya, coy !

Trus asma sendiri disebabkan oleh hipersensitivitas tipe I dengan mediator IgE dan tipe III dengan mediator IgG, maaf ya kalo ajeng nggak bisa nerangin lebih lanjut masalah tipe I dan tipe III ini, coz susah kalo ditulis (en sebenernya ajeng sendiri juga masih bingung).

Ya, udah itu aja sedikit pengetahuan tentang asma. Kalo ada yang mau ditanyain, lewat comment post aja, ok. C u :*

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home